August 25, 2012

Apa itu Teknik? Kenapa harus Teknik?

Teknik secara umum dapat diartikan sebagai cara yang dipakai manusia untuk mempermudah menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari. Dari zaman dahulu sampai sekarang, manusia sudah melakukan banyak cara untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi. Persoalan yang dimaksudkan disini bukanlah persoalan secara fisik maupun mental dalam diri seseorang melainkan adalah sebuah masalah yang timbul di lingkungan sekitar. Dahulu sebelum berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia melakukan berbagai eksperimen yang dimana pasti akan mengalami kegagalan. Manusia yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi setelah mengalami kegagalan maka akan melakukan eksperimen lagi. Proses ini akan terus berlangsung sampai ditemukan sebuah solusi untuk sebuah permasalahan.

Seiring dengan perkembangan IPTEK, pengertian teknik atau yang biasa disebut rekayasa berubah, yaitu penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Bagi kebanyakan orang, teknik mungkin berarti orang yang bekerja pada bidang yang selalu menyangkut pada mesin ataupun alat-alat berat, tetapi sebenarnya teknik masih dibagi menjadi beberapa jenis yaitu teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, teknik lingkungan, teknik industri, dll. Masing-masing dari teknik tersebut mempelajari tentang hal yang berbeda-beda akan tetapi tetap berhubungan satu sama lain. Maksud dari berhubungan satu sama lain akan lebih terlihat jelas pada saat bekerja di pabrik. Sebuah pabrik tidak dapat langsung terbentuk begitu saja begitu kita menginginkannya, kita tentu saja kita perlu seorang teknik mesin dan teknik sipil untuk membangun pabrik dan mesin sesuai dengan yang kita perlukan. Untuk proses memproduksi barang, kita perlu orang dari teknik industri untuk mengatur dan menganalisis kerja dari mesin dan juga diperlukan bantuan dari teknik lain. Begitulah caranya mereka dikatakan terhubung. Pelajaran yang akan dipelajari oleh anak teknik adalah matematika dan fisika, sedangkan pelajaran lain seperti biologi maupun kimia adalah tambahan untuk membantu kita mempelajari jurusan masing-masing. Selain memerlukan pelajaran berbau Sains, diperlukan juga skill seperti kemampuan berkomunikasi ataupun kemampuan untuk memimpin. Segala sesuatu yang ada di sekeliling kita kebanyakan adalah hasil karya dari anak teknik misalnya : bangunan, jembatan, sabun, cat, parfum, pestisida, dll. Lulusan fakultas teknik umumnya memiliki kesempatan kerja yang besar yang dikarenakan lapangan kerja yang tersedia luas, selain itu dapat juga berwirausaha.
Jurusan yang saya ingin pelajari lebih dalam lagi adalah teknik kimia. Teknik kimia adalah bagian dari fakultas teknik yang mempelajari tentang pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi maupun barang setengah jadi yang telah melalui proses kimia, biologi maupun fisika. Ilmu yang dipelajari di teknik kimia umumnya berfungsi sebagai pemelihara maupun perancang proses-proses yang akan terjadi baik dalam skala kecil maupun skala besar, dan juga lebih diutamakan menggunakan proses yang ekonomis. Untuk menghasilkan proses yang ekonomis dapat dilakukan dengan cara menyederhanakan atau memperumit aliran proses produksi dan juga dapat dilakukan dengan mengubah kondisi lingkungan tempat proses dilakukan. Penggunaan ilmu teknik kimia saat ini sangat luas yaitu di bidang industri, pertahanan, elektronik, dan bahkan untuk keperluan antariksa. Alasan saya memilih jurusan teknik kimia adalah karena lapangan kerjanya yang luas dan karena saya menyukai eksperimen. Saya berharap dengan memilih jurusan teknik kimia saya bisa mempelajari sesuatu yang berbeda dan menambah pengalaman dalam hidup.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment